Sejarah Perayaan Tahun Baru Di Dunia Dan Indonesia

Sejarah Tahun Baru Di Dunia Dan Indonesia

Moment tahun baru 01 januari, malam pergantian tahun baru selalu menjadi moment penting setiap tahunnya. Selalu ada cerita menarik bagi setiap orang disetiap pergantian tahun. Tahukah anda sejarah dibalik perayaan dan kemeriahan tahun baru. Berikut adalah sejarah perayaan dan kemeriahan tahun baru di dunia dan di Indonesia.
Sejarah tahun baru di dunia, seperti yang kita ketahui di setiap belahan dunia memiliki jona waktu yang berbeda-beda. Meskipun memiliki jona waktu yang berbeda-beda, namun satu hal yang tidak jauh berbeda adalah setiap pergantian tahun merupakan sebuah perayaan yang selalu dihiasi dengan pesta meriah. Salah satu budaya yang pasti adalah perayaan dengan menyalakan kembang api, dan letusan-letusan petasan yang menghiasi pergantian tahun.


Penggunaan Kembang Api Menyambut Tahun Baru

Penggunaan kembang api pertama kali diyakini berasal dari china, sekitar 2000 tahun yang lalu. Berawal disaat sorang koki di china tidak sengaja mencampur KN03, belerang dan arang. Bahan tersebut dipanaskan diatas api dan kemudian dikeringkan, yang menghasilkan bubuk hitam, dan pada  saat itu disebut mesiu (hou yao), yang jika dibakar menghasilkan ledankan yang keras. Ledakan yang menghasilkan cahaya yang indah seperti bunga dilangit, sangat penting bagi kebudayaan china, seperti pada acara adat, ritual agama, pesta pernikahan, dan cara untuk menakuti roh jahat. Budaya ini pun berkembang dari masa kemasa dan diadopsi oleh negara-negara lain, dan menjadikan kembang api sebagai pesta perayaan menyambut tahun baru.

Perayaan Tahun Baru Dijaman Dahulu

Pada jaman dahulu, pendahulu kita memulai tahun baru pada masa panen, mereka melakukan budaya menyucikan dan memurnikan diri untuk menyambut tahun yang baru. Orang romawi kuno saling bertukan dan memberikan hadiah potongan dahan-dahan kayu suci. Sementara orang Persia kuno saling bertukar hadiah telur, sebagai lambang produktivitas.


Perayaan Tahun Baru Dijaman Modern

Selain menyambut tahun baru dengan kemeriahan pesta kembang api dan petasan. Di era modern ini suatu hal yang menarik adalah ucapan tahun baru dimedia sosial seperti di Fb, twitter, IG, dan media sosial lainnya. berikut ini kutipan ucapan tahun baru yang cukup berkesan:


A. Akun Facebook
@riswan limbong “seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak. Mungkin itulah yang cocok untuk perbuatan yang membuat orang tidak suka melihat saya. Jadi pada tahun baru ini, dari hati yang paling dalam/ iklas saya minta maaf, semoga ditahun yang lama dosa, dan salah kita saling memaafkan. Marlah kita buka lembaran yang baru di tahun yang baru ini. SELAMAT TAHUN BARU 2017 semoga tahun yang penuh berkat dan cinta damai. amin”
B. Akun twitter
@all about Indonesia “Selamat tahun baru 2017.semoga tahun ini lebih baik dari tahun kemarin untuk kita semua”.
C. Akun instagram
@cheseaislan “terima kasih 2016. Terima kasih tuhan. Terima kasih CIFC. Terima kasih atas segala dukungan dan doa kalian. Kita adalah keluarga sampai kapanpun. Aku bersyukur adanya kalian dihidup aku! Selalu seperti ini ya, tetap solid dan bersatu! Can’t wai to see all of you next year 2017!”
Dari ucapan-ucapan tahun baru diatas dapat kita lihat, betapa moment tahun baru merupakan moment penting bagi setiap orang di negara kita Indonesia maupun diseluruh dunia.
Setelah menghabiskan momen pergantian tahun dengan kemeriahan pesta kembang api dan petasan. Kemeriahan berlanjut dengan menghabiskan waktu bersama keluarga, hal ini bisa dilakukan dengan mengunjungi tempat-tempat wisata bersama keluarga. Bagi sahabat dan keluarga dimedan berikut pilihan-pilihan tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi bersama keluarga. Letaknya tidak jauh-jauh dari kota medan, klik untuk mengetahui selengkapnya :

Tempat Wisata Sekitar Medan

1. [Penatapan Berastagi]
         
Menatap kerlap-kerlip pemandangan kota medan dari penatapan berastagi.
2. [Pemandian sidebukdebuk]
         Menikmati sensasi air panas alami di pemandian alam sidebuk-debuk.
3. [Gundaling Berastagi]
         Menikmati sensasi dinginnya udara pegunungan dari puncak Gundaling Berastagi.
4. [Air terjun tonngkat Binjai tanah seribu]
         Menikmati petualangan melalui jalan setapak menuju air terjun Tongkat di Binjai rumah galuh .
5. [Air terjun simbelingking]
         Menikmati pesona air terjun perawan dan alami di kecamatan Munte kuta mbaru.
6.      [Air terjun sipisopiso]
         Keindahan alam sekitar Danau Toba yang luas, dan keindahan air terjun sipisopiso.
Selain tempat-tempat wisata diatas masih banyak tempat wisata yang dapat anda kunjungi seperi, bukit kubu diberastagi, greenhill, mickey holiday dan lain sebagainya. Di daerah lain dapat anda lihat dengan mengetikkan “ tempat wisata (didaerah anda masing-masing) “.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sejarah Perayaan Tahun Baru Di Dunia Dan Indonesia"

Posting Komentar