Pulau DUA (Pulau Kembar) Tidak Berpenghuni Destinasi Wisata Aceh Selatan Sumatera Indonesia

Indonesia adalah “Negara seribu pulau”, yang membentang dari Sabang sampai Merauke. Terdapat pulau-pulau besar seperti pulau Jawa, Sumatera, Bali, Nias, Kalimantan, Riau, Sulawesi dan berbagai pulau-pulau lainnya. Dan dari berbagai pulau-pulau yang kita kenal, ternyata masih ada pulau pulau kecil yang keberadaannya luput dari perhatian. 
PULAU KEMBAR (PULAU DUA)
Seperti pulau yang satu ini, “Pulau kembar di Aceh Selatan” Sumatera, dinamakan pulau kembar karena di daerah aceh ini terdapat dua pulau kecil yang letaknya berdekatan dan bentuknya terlihat sama, sehingga masyarakat yang tinggal disekitar menyebutnya pulau kembar (pulau dua). Kota Aceh, Kota “Serambi Mekah” ini dikenal dengan keindahan alam dan hamparan pantai yang luas. Dan tidak kalah indah dibandingkan dengan pantai-pantai di pulau lain seperti pantai Kuta dipulau Bali. Seperti yang terlihat di gambar diatas pulau kembar ini letaknya tidak jauh kedaratan daerah aceh. Sehingga ketika melintas dari jalan raya pulau kembar akan terlihat jelas. 
Pulau kembar merupakan 2 pulau kecil yang tidak berpenghuni, karena ukuran pulau yang kecil, dan ketika air laut pasang maka pulau ini “ditelan” oleh air laut dan yang terlihat hanya pucuk dan dahan pepohonan yang menjulang tinggi. sehingga tidak memungkinkan bagi makhluk hidup untuk dapat bertahan hidup di sana. Di sekitar pulau dihuni oleh aneka biota laut seperti ikan-ikan yang menumpang bertelur kepulau tersebut. juga dihuni oleh kepiting dan aneka biota laut lainnya. Pulau kembar, ditumbuhi oleh tumbuhan hijau lebat dan subur. Banyak ikan-ikan yang hidup disekitar pulau. Para nelayan biasanya mendapatkan banyak ikan ketika mencari ikan di sekitaran pulau kembar.
SUSUNAN BATU PEMECAH OMBAK
Di pinggir jalan aceh Pulau Kembar terlihat, disusun batu yang seperti ditumpuk tinggi. Batu- batu ini berguna untuk menahan dan memecah ombak tinggi yang bisa saja sampai ke jalan raya. Jalan raya terletak dekat pinggiran laut sehingga sangat berbahaya ketika ombak laut sedang tinggi. Dari pinggir jalan diatas tumpukan batu yang disusun sedemikian rupa tersebut, terlihat 2 pulau kecil yang terletak ditengah lautan. Dari sana terlihat juga sampan-sampan nelayan yang tengah melaut dan terlihat kecil karena jarak yang jauh.
JALAN MENUJU PULAU KEMBAR (PULAU DUA)
Pulau kembar terletak tidak jauh dari kota subulus salam, dapat ditempuh dalam 2jam perjalanan. Dari kota subulus salam menuju kota Tapak Tuan, karena pulau kembar ini terletak berdekatan dengan Kota tapak tuan. Dalam perjalanan dari kota subulus salam menuju Pulau kembar mata anda akan dimanjakan dengan hamparan luas Lautan biru yang membentang disepanjang perjalanan. Dan pemandangan rumah penduduk yang seakan sejajar dengan lautan.
PERLUNYA PERHATIAN PEMERINTAH
Pulau kembar sebenarnya bukan tempat wisata namun seringkali orang orang yang melintas didaerah tersebut memilih untuk singgah dan melihat keindahan pemandangan laut. Juga untuk melihat pulau kembar yang terlihat seakan “ditelan” lautan. Hal ini perlu mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah sekitar pulau kembar, untuk memperhatikan hal ini sebagai peluang untuk menjadikan pulau kembar menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di aceh selatan. Sehingga kedepannya semakin banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke Aceh. Kedepannya mungkin saja pulau ini tidak hanya dapat dilihat dari kejauhan atau pinggir jalan saja. namun disediakan fasilitas perahu untuk mengunjungi pulau kembar, atau pun sekedar untuk melihat pulau kembar dari dekat. Karena bukan tidak mungkin di sekitar pulau kembar dijadikan menjadi tempat untuk Diving untuk melihat keindahan biota laut disekitar pulau kembar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pulau DUA (Pulau Kembar) Tidak Berpenghuni Destinasi Wisata Aceh Selatan Sumatera Indonesia"

Posting Komentar