10 Tips menjalani pengalaman kerja hari pertama di kantor atau training untuk fresh graduate

10 Tips menjalani pengalaman kerja hari pertama di kantor atau training untuk fresh graduate

Kesan pertama merupakan penentu sikap atau penilaian seseorang terhadap orang lainnya. Hari pertama bekerja merupakan suatu titik awal atau pun langkah awal untuk menunjukkan citra yang baik demi menuju kesuksan. 
Fresh Graduate, bagi lulusan baru harus menyesuaikan diri dengan lingkungan dan keadaan baru di dunia kerja. Karena sudah pasti sangat jauh berbeda saat berada dibangku kuliah dengan lingkungan dunia kerja. Tempat yang berbeda dan aktivitas yang tentu saja juga berbeda.
Jika saat dikampus sering terlambat masuk kelas atau tidak masuk sama sekali merupakan hal yang biasa dilakukan. Namun saat masuk ke lingkungan dunia kerja kebiasaan-kebiasaan tersebut harus segera ditinggalkan. Karena konsekuensi yang diterima di kampus dengan dunia kerja berbeda dan beresiko pemecatan  (PHK). Biasanya dikampus mungkin dihukum dengan hukuman skors 1 minggu atau pun hukuman lainnya. Atau pun tidak dihukum sama sekali, Itu disebabkan karena dosen dosen dikampus sudah menganggap dewasa mahasiswa dan mahasiswinya. Namun di tempat kerja setiap karyawan dituntut untuk professional. Dan setiap kesalahan dapat berakibat pada pemotongan gaji, atau pun hukuman yang paling berat pemecatan (PHK).
Untuk itu dalam menghadapi dunia kerja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar pada hari pertama kerja dapat memberikan kesan yang baik bagi bagi orang-orang dalam lingkungan  kerja. Tentu saja jika hari pertama dapat memberikan kesan yang baik, pada hari-hari berikutnya akan lebih mudah dan menyenangkan pada saat bekerja. 
Seperti kata pepatah, “kesan pertama merupakan penentu siapa diri anda dimata oranglain” dengan demikian, maka dapat dikatakan hari pertama bekerja merupakan suatu titik awal ataupun langkah awal untuk menunjukkan citra yang baik demi menuju kesuksesan.
Untuk sebagian orang hari pertama bekerja merupakan suatu momen kondisi kaku yang menegangkan. Dimanapun tempat bekerja pasti akan bertemu dengan orang baru, staff pegawai baru dan bos baru. Untuk membantu anda menghadapi hari pertama bekerja berikut 10 tips menghadapi hari pertama kerja :
1. Pakaian rapi
2. On time (tidak terlambat)
3. Berkenalan
4. Sopan dan santun
5. Tunjukkan antusiasme kerja
6. Berbicara serius (tidak tegang)
7. Bercanda (tidak berlebihan)
8. Santai dan tidak gugup
9. Kenali nama kawan-kawan sekantor, minta no hp
10. Semangat dan selamat bekerja
Dari 10 point diatas kita sudah dapat mengerti bagaimana cara menghadapi hari pertama kerja. 10 poin diatas diambil secara umum, dimanapun tempat bekerja 10 poin diatas merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Jika semua poin diatas sudah dilakukan maka pada hari-hari bekerja berikutnya akan menjadi menyenangkan. Teman-teman ditempat kerja juga akan senang bergaul dan bergaul bersama-sama dengan pribadi yang melakukan 10 poin diatas. Dan bos di tempat keja juga akan senang mempekerjakan anda.
Satu hal yang tidak kalah penting jangan sombong tetaplah ramah sekalipun kepada orang yang jabata danposisinya dibawah anda. Ingat anda adalah orang baru dikantor tempat bekerja dari orang-orang yang terlebih dahulu bekerja dari andalah anda dapat memperoleh informasi-informasi penting mengenai kantor tempat anda bekerja. 
Sekian tulisan artikel mengenai hari pertama kerja semoga bermanftaat bagi anda yang akan menghadapi dunia kerja. Yang belum mendapat pekerjaan yang tepat atau sesuai keinginan bersabarlah dan jangan menyerah teruslah mencoba dan coba lagi. Selamat bekerja jadilah terbaik diantara orang orang terbaik. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "10 Tips menjalani pengalaman kerja hari pertama di kantor atau training untuk fresh graduate"

Posting Komentar